ShoutMix chat widget
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch

Sms yuk

Rabu, 31 Agustus 2011

Gulai itiak

Gulai itiak (itik) makanan khas yang terkenal dari Koto Gadang Agam, di Bukittinggi yang terletak tidak jauh dari Koto Gadang gulai itiak disebut tanak koto gadang. Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. Membuatnya digunakan bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang bewarna hijau. Sebenarnya Tanak koto gadang ini tidak hanya harus dari bahan itik doang.. tapi bsa juga dari Ayam.. rasanya tak kalah beda dengan itiak.. kalau disebut dengan gulai itiak rasanya kurang cocok karena masakan tanak koto gadang ini santannya tidak banyak seperti gulai pada umumnya,, dan juga memakai minyak.. minyak makan atw minyak goreng tentunya.. Bukan minyak tanah ea..!!!! masakan ini tidak seperti gulai pada umumnya yg mana berkuah dengan santan,, tanak koto gadang ayam ini santannya hanya sekedarnya saja.. Kalau saya bilang ini mungkin seperti rendang cabe hijau.. rasanya maknyooosssss... lebih banyak cabe hijau kritingnya lebih maknyooosss...

Gulai banak

Gulai banak (bahasa Minangkabau) atau Gulai otak (bahasa Indonesia) adalah masakan gulai berkuah santan yang pedas dari Minangkabau, dengan memakai otak sapi yang telah dipotong-potong sebagai bahan utamanya dan dimasak dalam bumbu gulai. Pada beberapa resep, gulai ini diberi irisan daun mangkok yang banyak sehingga mempunyai cita rasa yang amat khas.

Dendeng Batokok

Dendeng batokok adalah masakan khas Sumatra Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut. Dan kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar.

Dendeng balado

Dendeng balado adalah masakan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering.Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado.
Sedangkan dendeng batokok bahan nya sama dengan dendeng balado, bedanya adalah bumbu balado nya bukan memakai cabai merah, namun memakai cabai hijau yang diiris kasar dan daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut.


0 komentar:

Poskan Komentar